Monday, August 17, 2015

Indonesian War of Independence 1945-1949

0




Revolusi Nasional Indonesia atau Perang Kemerdekaan Indonesia adalah konflik bersenjata dan perjuangan diplomatik antara Indonesia dan Kekaisaran Belanda, dan revolusi sosial internal. Ini terjadi antara deklarasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 dan pengakuan Belanda atas kemerdekaan Indonesia pada akhir tahun 1949. Tapi gerakan kemerdekaan Indonesia telah dimulai sejak tahun 1908 dan sekarang diperingati sebagai Tahun Kebangkitan Bangsa (Tahun Kebangkitan Nasional).

Perjuangan berlangsung selama lebih dari empat tahun dan terlibat konflik sporadis tapi berdarah bersenjata, gejolak politik dan komunal Indonesia intern, dan dua intervensi diplomatik internasional utama. Pasukan Belanda tidak mampu menang atas Indonesia.

Meskipun pasukan Belanda bisa mengendalikan kota-kota dan kota-kota di jantung negara Republik di Jawa dan Sumatera, mereka tidak bisa mengendalikan desa dan pedesaan. Dengan demikian, Republik Indonesia akhirnya menang sebanyak melalui diplomasi internasional seperti yang terjadi melalui penentuan Indonesia dalam konflik bersenjata di Jawa dan pulau-pulau lainnya.
Revolusi menghancurkan pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang telah memerintah dari sisi lain dunia. Hal ini juga secara signifikan mengubah kasta rasial, serta mengurangi kekuatan dari banyak penguasa lokal (raja). Itu tidak secara signifikan meningkatkan keberuntungan ekonomi atau politik dari mayoritas penduduk, meskipun beberapa orang Indonesia mampu mendapatkan peran yang lebih besar dalam perdagangan.

0 comments:

Post a Comment